Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produksi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Tokopedia Di Yogyakarta

Authors

  • Yanuardi Wisnu Murti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Awan Santosa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v2i3.589

Keywords:

Online Customer Review, Kualitas Produksi, Promosi, Keputusan Pembeli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh customer review, kualitas produksi dan promosi terhadap keputusan pembeli pengguna marketplace Tokopedia di Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode uji koefisien regresi (uji-t). Hasil analisis menunjukkan bahwa online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeli, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeli. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai keputusan pembeli pengguna marketplace Tokopedia di Yogyakarta. Implikasi praktisnya adalah pentingnya pengaruh online customer review, mengetahui kualitas produk serta promosi yang dilakukan produsen terhadap pembeli pengguna marketplace Tokopedia di Yogyakarta

References

Agustina, Sekar Ayu dan Transistari, Ralina. (2023). The Effect of Online Customer reviews, Online Customer Ratings and Influencers on Purchase Decisions. Telaah Bisnis, 24(1), 83-92 DOI: https://doi.org/10.35917/tb.v24i1.398

Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Anugrah, Ilham Bima., Nurfarida, Iva Nurdiana., Sarwoko, Endi. (2021). Determinan Keputusan Pembelian di Shopee: Online customer review, brand image dan promosi. MBR: Management and Business Review, 5(2), 239-250 DOI: https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5554

Dewi, Intan R. 2022. Data Terbaru! Berapa Pengguna Internet Indonesia 2022?. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220609153306-37-345740/data-terbaru-berapa-pengguna-internet-indonesia-2022

Dihni, Vika A. 2022. Ini Deretan KOnten Internet Paling Sering diakses Warga RI. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/13/ini-deretan-konten-internet-paling-sering diakses-warga-ri

Engel, F. James, Blackwell D. Roger dan Miniard W. Paul. (2010). Perilaku Konsumen. Terjemahan Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara

Faradita, Putri Adriani dan Widjajanti, K. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Harga dan Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(2), 543-554 DOI: https://doi.org/10.26623/slsi.v21i2.6333

Febrianto, Fransiscus Xaverius. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen melalui Media Sosial di Yogyakarta. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Iprice.co.id. (2021). Peta E-Commerce Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/.

Kotler, P dan Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P dan Keller, Kevin Lane. (2016). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks

Mutiara dan Wibowo, Imam. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 10-20 DOI: https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419

Nuraeni, Yuni Siti dan Irawati, Dwi. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas produk dan promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439-450 DOI: https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704

Peter, Paul J dan olson, Jerry C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat

Putri, Melisa. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Lazada di Kecamatan Rumbio Jaya. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Rahmawati, Desi Tiya. (2022). Pengaruh Online Customer review, rating dan Kepercayaan terhadap keputusan Pembelian pada Marketplace. Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta DOI: https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3

Regina, Rimna., Rini, E.S., Sembiring, B.K.F. (2021). The Effect of Online Customer Review and Promotion through E-Trust on the Purchase Decision of Bukalapak in Medan City. International Journal of Research and Review, 8(8), 236-243 DOI: https://doi.org/10.52403/ijrr.20210833

Sangadji, E.M dan Sopiah. (2013). perilaku Konsumen: pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal penelitian. Yogyakarta: Andi

Setiadi, J.N. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Sugiarto, Winda A dan Hanif, Rifki. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan rating terhadap Keputusan Pembelian di lazada. Jurnal Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 18(2), 606-617 DOI: https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.4275

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiati dan Gea, Deni. (2021). Pengaruh Harga, Brand Image dan Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Bermerek pada PT. Bernofarm. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(1), 57-67 DOI: https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i1.18324

Tim Editor Kumparan. (2022). Profil Perusahaan Scarlett Whitening yang Dibangun Felicya Angelista. https://kumparan.com/berita-terkini/profil-perusahaan-scarlett-whitening-yang-dibangun-felicya-angelista-1y6VBSxFfjT. Diakses tanggal 19 Oktober 2022

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Tokopedia. (2021). Kisah Kami. https://www.Tokopedia.com/about/our-story/. Diakses tanggal 19 Oktober 2022.

Widya, Cucu Andita dan Riptiono, Sulis. (2019). Pengaruh Online Consumer Review dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Consumer Trust sebagai Intervening (Studi pada Pengguna Instagram di Kecamatan Kebumen). Jurnal ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(1), 76-84 DOI: https://doi.org/10.32639/jimmba.v1i1.392

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Yanuardi Wisnu Murti, & Awan Santosa. (2025). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produksi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Marketplace Tokopedia Di Yogyakarta. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 2(3). https://doi.org/10.47134/jampk.v2i3.589

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.