Strategi Pengambilan Keputusan Berdasarkan Analisis SWOT: Studi pada Usaha UMKM Gajah Nasional di Sampang

Authors

  • Susanti Ratna Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Devin Nabillah Ramadanty Wibowo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nabila Aulia Nafisca Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat N Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v2i2.541

Keywords:

UMKM,, Analisis SWOT, Strategi Pengambilan Keputusan, Loyalitas Pelanggan, Teknologi Produksi

Abstract

UMKM Gajah Nasional berlokasi  di kota Sampang, Madura, dan berkonsentrasi pada pembuatan perabotan rumah tangga tradisional. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) digunakan dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Setelah itu, mereka akan membuat strategi pengambilan keputusan yang sesuai dengan dinamika pasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Menurut analisis, kekuatan utama UMKM Gajah Nasional adalah loyalitas pelanggan dan keterampilan produksi konvensional, sementara kelemahannya adalah kurangnya inovasi produk dan teknologi produksi konvensional. Di antara peluang yang ditemukan adalah dukungan pemerintah dan tren konsumsi terhadap produk lokal, sedangkan ancaman termasuk fluktuasi harga bahan baku dan persaingan harga dari produsen luar. Untuk mengatasi kelemahan dan memanfaatkan peluang, metode yang disarankan termasuk modernisasi teknologi, inovasi produk, dan pemasaran digital.

References

A. M. Kusuma, V., A. Sahabuddin, Z., & S. J. K. Hutasoit, P. (2022). Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menengah (Umkm) Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. JURNAL CAFETARIA, 3(1), 24-35.

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64-72. DOI: https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Andriyani, M. S. (2021). Strategi Menjaga Motivasi Pelaku UMKM Kuliner Dalam Beradaptasi Ditengah Pandemi Virus Covid-19, 45-54.

Farhan, R., Hasbullah, Hidayahtullah, R., Pangestu, Y., & Suci, R. G. (2024). Strategi Manajemen Menggunakan Analisis SWOT Pada Usaha UMKM(Studi Usaha Angkringan Sedulur) . Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi. DOI: https://doi.org/10.47747/jbme.v5i1.1580

Hidayat Rusdi, S. I. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT pada UD. Erni Jaya Bangunan Kediri. Jurnal Revolusi Indonesia Vol. 1 No. 10, 1123-1132.

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707-6714.

Julio Pasaribu, Y. N. (2022). PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENYUSUNAN STRATEGI BERSAING USAHA PADA UMKM SATE MADURA CAK HERI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Jurnal Ilmiah AccUsi VOLUME 5 No 1, 2620 – 5815. DOI: https://doi.org/10.36985/x11bn875

Kistari, F. A., & Marlena, N. (2022). Analisis SWOT sebagai Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha Sentra UKM Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14595–14605.

Maylanie, J. T. (2022). Tahapan Pengambilan Keputusan (Kajian Teoritis dari James A. F. Stoner). OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen.

Nathaniel, J. (2022). Strategi Pengambilan Keputusan UMKM Kuliner Menuju Masa Endemi Culinary MSME Decision Making Strategy Towards Endemic . Prosiding National Seminar on Accounting UKMC, Vol: 1 No 1, 202-208.

Nugroho Rusdi Hidayat, A. S. (2020 ). STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM DI PEDESAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ERA INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA SOCIETY 5.0. Jurnal Bisnis Indonesia Vol. 1 No. 01, 93-109.

Reifa Galih Ramadhanti, T. Y. (2024). Analisis SWOT UMKM Rocket Chicken Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Volume 1, Nomor 12, 88-92.

Rio Alfrian, G., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 139-146.

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(3), 170-186. DOI: https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Zuhrotun, N. (2020). A N ALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI KOMPETITIF Zuhrotun Nisak.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Sari, S. R., Wibowo, D. N. R., Nafisca, N. A., Hidayat N, R., & Kusumasari, I. R. (2024). Strategi Pengambilan Keputusan Berdasarkan Analisis SWOT: Studi pada Usaha UMKM Gajah Nasional di Sampang. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 2(2), 14. https://doi.org/10.47134/jampk.v2i2.541

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>