Dampak Pengungkapan Informasi Website terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di BEI: Studi Empiris Berdasarkan Peraturan OJK No.8/2015

Authors

  • Rizki Saputra Adyan Universitas Lampung
  • Liza Alvia

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v1i3.145

Abstract

Studi ini menginvestigasi dampak pengungkapan informasi korporasi berbasis website terhadap kinerja perusahaan dan kinerja pasar pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Melalui analisis konten, Indeks Pengungkapan Informasi Korporasi (IPIK) dikembangkan dan diukur sesuai dengan regulasi Peraturan OJK No. 8 Tahun 2015. Hasil menunjukkan bahwa tingkat IPIK mencapai 64%, namun masih ada ruang untuk peningkatan kepatuhan terhadap regulasi. Analisis statistik menunjukkan bahwa pengungkapan informasi korporasi berbasis website memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan dan kinerja pasar. Temuan ini menekankan pentingnya transparansi informasi korporasi dalam memperoleh kepercayaan pasar dan meningkatkan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, peningkatan pengungkapan informasi korporasi di website dapat menjadi strategi penting bagi perusahaan dalam mencapai kesuksesan di pasar yang kompetitif.

 

This study investigates the impact of website-based corporate information disclosure on company performance and market performance in manufacturing companies in the consumer goods and industrial sector listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). Through content analysis, the Corporate Information Disclosure Index (IPIK) was developed and measured in accordance with OJK Regulation No. 8 of 2015. The results show that the IPIK level reached 64%, but there is still room for increasing compliance with regulations. Statistical analysis shows that website-based corporate information disclosure has a significant influence on company performance and market performance. These findings emphasize the importance of corporate information transparency in gaining market trust and improving company performance. Therefore, increasing the disclosure of corporate information on websites can be an important strategy for companies in achieving success in a competitive market.

References

Agustina, D., Fakultas Ekonomi, Y., & Akuntansi, J. (2022). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Internet Financial Reporting (IFR). https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i1.437

Alvia, L., Yuni, R., & Farichah. (2021). Analisis Kualitas pengungkapan Informasi Korporasi: Relevansi, Kredibilitas, dan Reabilitas pada Lingkungan Pengungkapan Digital (Sebuah Studi Kritis atas Implementasi POJK No. 8 dan 31 Tahun 2015). Laporan Akhir Peneliti Terapan Universitas Lampung.

Alvia Liza, Yuni Retno, & Farichah. (2022). Analisis Pengungkapan Informasi Berbasis Web pada Perusahaan Publik di Bursa Efek Indonesia (Sbuah Studi Analisis Konten Atas Implementasi POJK No. 8 Tahun 2015).

Annisa, K., & Alowsyia, A. (2018). Pengaruh Internet Financial reporting (IFR) terhadap Return Saham dan Volume Perdagangan Saham Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Arviana, N., Wibisono, M., & Ekonomi, F. (2020). Pengaruh Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Return Saham Dengan Internet Financial Reporting Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Indeks LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 157–168. https://doi.org/10.35760/EB.2020.V25I2.2410

Choriyah, S., & Yuliana, I. (2018). Hubungan Harga Saham, Volume Perdagangan, Inflasi Dan Indeks Harga Saham Gabungan Pada Perusahaan Subsektor Makanan Dan Minuman DI BEI.

Davitra, V. (2023). Analisis Tingkat Ketaatan Emitmen Dalam mengungkapkan Informasi Korporasi Berbasis website dan Dampak Terhadap Kinerja Pasar Pada Perusahaan Go Public di Indonesia (Sebuah Evaluasi Kritis Pasca Penerapan POJK No 8 Tahun 2015).

Ghozali, I. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (9th ed.).

Idawati, P., & Dewi, I. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Internet Financial Reporting Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Khaerani, A., & Aschayani, A. (n.d.). Pengaruh Intenet Financial Reporting (IFR) Terhadap Return Saham dan Volume Perdagangan Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2019.

Maryati, E. R. (2014). Dampak Internet Financial Reporting (IFR) Terhadap Nilai Perusahaan, Harga Saham, dan Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI.

Nurhanisah, Y. (2023, March 25). Pengguna Internet Di Indonesia Makin Tinggi. https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20survei%20Asosiasi%20Penyelenggara,sebanyak%20210%2C03%20juta%20pengguna.

Nuryani, H. S. (Hanifa), Rizqi, R. M. (Reza), & Apriani, N. (Nurul). (2019). Pengaruh Internet Financial Reporting Dan Tingkat Pengungkapan Informasi Melalui Website Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Kompas 100 Periode 2013-2017. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 407334. https://doi.org/10.37673/JMB.V2I1.281

Peraturan OJK No. 8/POJK.04/2015 Tahun 2015 tentang Situs Web Emiten atau Perusahaan Publik [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved May 8, 2023, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/128863/peraturan-ojk-no-8pojk042015-tahun-2015

Putu, G. (2017). Pengungkapan Pelaporan Keuangan Melalui Website dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi | E-Jurnal Akuntansi. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/33131

Sulistyani, I. (2018a). Pengaruh Tngkat Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Umur Listing dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Internet Financial Reporting (IFR) (studi empiris pada perusahaan Real Estate dan Property).

Sulistyani, I. (2018b). Pengaruh Tingkat profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Umur Listing Perusahaan, dan Kepemilikan Manjerial Terhadap Intenet Financial reporting (IFR).

Wijayanti, R., Paramita, D., Rizal, N., Widya, S., & Lumajang, G. (2019). Internet Financial Report: Respons Pasar Sebelum dan Sesudah Tanggal Publikasi Internet Financial Report: Market Response Before and After the Date of Publication.

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Adyan, R. S., & Liza Alvia. (2024). Dampak Pengungkapan Informasi Website terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di BEI: Studi Empiris Berdasarkan Peraturan OJK No.8/2015. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i3.145

Issue

Section

Articles