Perbandingan Penggunaan Spaylater Di Kalangan Konsumen Berdasarkan Demografi: Generasi, Jenis Kelamin, Pendapatan, dan Tingkat Pendidikan

Authors

  • Shintia Reahel Sitompul Universitas Katolik Musi Charitas
  • Rita Anggeriani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Sellen Universitas Katolik Musi Charitas
  • Adellia Nur'asyah Universitas Katolik Musi Charitas
  • Veronica Vitara Sutejo Universitas Katolik Musi Charitas
  • Muvlika Yulin Siptiani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Evelyn Aprillya Universitas Katolik Musi Charitas
  • Lisa Pebriani Universitas Katolik Musi Charitas
  • Siti Kusnul Khotimah Universitas Katolik Musi Charitas
  • Mayer Dani Sitompul Universitas Katolik Musi Charitas
  • Steve Sun Sandy Richardy Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.463

Keywords:

Generasi, Jenis Kelamin, Pendapatan, Tingkat Pendidikan, SPaylater

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifkan dalam penggunaan SPayLater dengan variabel demografi (generasi, jenis kelamin, pendapatan, dan tingkat pendidikan). Metode kuantitatif sebagai metodde dalam penelitian, serta menggunakan desain komparatif untuk menganalisis perbedaan tersebut. Hasilnya tidak ada perbedaan signifikan penggunaan SPayLater antara generasi milenial dan generasi Z, kelompok berpendapatan rendah dan tinggi, serta tingkat pendidikan rendah dan tinggi. Namun, ada perbedaan signifikan penggunaan SPayLater antara laki-laki dan perempuan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas lokasi dan konteks penelitian, termasuk melihat perbedaan penggunaan SPayLater berdasarkan lokasi geografis antara perkotaan dan pedesaan, membandingkan penggunaan SPayLater dengan layanan serupa dari penyedia lain, serta memperluas variabel menggunakan faktor lain yang mungkin mempengaruhi penggunaan SPayLater.

References

Adityara, S., & Rakhman, T. R. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual. 401-406.

Adiyanti, S. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kaum Milenial Dalam Melakukan Pembayaran Shope PayLater Di Marketplace Shopee Berdasarkan Perspektif Bisnis Syariah . Pontianak.

Ari Anggraini, T. M., Mardani, R. M., & Novianto, A. S. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjamna Online SPayLater (Studi Kasus Mahasiswa Di Kota Malang). e-Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 1494-1502.

Asja , H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater : Studi Kasus masyarakat di DKI Jakarta (The Influence of Perceived Usefulness, Ease of Use and Income on Interest in Using PayLater: A Case Study of People in DKi Jakarta). Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen (Jakman), 2(4), 309-325. DOI: https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Consumer Behavior. In D. Budiyanto, Perilaku Konsumen (p. 3). Jakarta: Binarupa Aksara.

Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran PayLater. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968-1977.

Gunawan , A. A., & Sunardi, H. (2016). Pengaruh kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gesit Nusa Tangguh. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(1), 1-11.

Jamil, M., & Dewi, R. S. (n.d.). Seks, Gender, dan Representasi. 1-7.

Mulyani, S. (2015). Analisis Pengaruh Jenis Kelamin dan Status Pekerjaan Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. Majalah Ilmiah Solusi, 1-16.

Novendra, B., & Aulianisa, S. S. (2020, Agustus). Konsep Dan Perbandingan Buy Now, Pay later Dengan Kredit Perbankan Di Indonesia : Sebuah Keniscayaan Di Era Digital Dan Teknologi. Jurnal Rechts Vinding Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(2), 194-195. DOI: https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v9i2.444

Putra, I. S., & Santika, I. (2018). Pengaruh Gender, Daya tarik Promosi, Kepemilikan Kartu Kredit Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online Produk Lifestyle. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(10), 5570-5598. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i10.p13

Putra, Y. S. (2016, Desember). Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9(18), 123-134. DOI: https://doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Putri, B. F., Slamet, & Chandra Sari, K. D. (2023). Pengaruh Generasi Dan gender Konsumen Pada Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna Paylater. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 304-308. DOI: https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.4.05

Ramadhan, A., Rahim, R., & Utami, N. N. (2023). Teori Pendapatan. Medan: Tahta Media Group.

Respati, A. R., & Djumena, E. (2023, Oktober 5). Perbandingan Bunga Paylater BCA, Shopee Paylater, GoPay later, Dan Kredivo. From KOMPAS.com: https://money.kompas.com/read/2023/10/05/114000126/perbandingan-bunga-paylater-bca-shopee-paylater-gopay-later-dan-kredivo?page=all

Santoso, S. (2006). SSBBTI : SPSSS Statistik Non Parametrik . Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sari, R. P. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan, Dan resiko Terhadap Penggunaan Internet Banking Nasabah Bank Mandiri Di Surabaya. 1-11.

Shopee. (2024). Shopee. From Shopee.co.id: https://help.shopee.co.id/portal/4/article/71956

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi R&D dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta .

Sugiyono, D. (2018). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, D. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.

Suyanto, & Gio, P. U. (2017). Statistika Nonparametrik dengan SPSS, Minitab, dan R. Medan: Perpustakan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Warsame, M. H., & Abdalla, Y. A. (2020). Determinants Of Consumers Attitude Towards Credit Card Usage In Kenya. 200-217.

Wulandari, N. T., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh Emosi Positif Dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 81-91. DOI: https://doi.org/10.14710/jiab.2023.37107

Yulia , Y., Wijaya, R. A., Sari, D. P., & Adawi, M. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap kepatuhan Wajib Pajak Pada UMKM di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi , 1(4), 305-310. DOI: https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i4.114

Zaelani, A. (2023). Pengaruh Impulsive Buying, Gaya Hidup, Dan Iklan Media Sosial Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee PayLater Pada Mahasiswa Di Solo Raya. Surakarta: eprints.iain-surakarta.ac.id.

Downloads

Published

2024-09-22

How to Cite

Reahel Sitompul, S., Anggeriani, R., Sellen, Nur’asyah, A., Vitara Sutejo, V., Yulin Siptiani, M., … Sandy Richardy, S. S. (2024). Perbandingan Penggunaan Spaylater Di Kalangan Konsumen Berdasarkan Demografi: Generasi, Jenis Kelamin, Pendapatan, dan Tingkat Pendidikan. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 2(1). https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.463

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.