Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Mie Sakera Ajung Kalisat Kota Jember)

Authors

  • Wahyu Wulandari universitas muhammadiyah jember
  • Ahmad Izzuddin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tatit Diansari Reskiputri Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v1i3.108

Keywords:

Brand image, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Brand image, harga, dan kualitas produk ialah faktor yang berpengaruh pada keputusan pembelian. Pelaksanaan penelitian bertujuan guna menguji dan melaksanakan analisis pengaruh signifikan brand image, harga, dan kualitas produk pada keputusan pembelian Mie Sakera Ajung Kalisat. Metode yang digunakan pada  penelitian ini yakni kuantitatif yang teknik mengumpulkan datanya melalui observasi, kuesioner, dokumentasi, serta wawancara terhadap 100 responden. Pengukuran menggunakan alat yakni uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t serta uji R2. Hasil dari pengujian hipotesis pertama (H1) adalah nilai variabel brand image yakni 0,001 dimana lebih kecil dari pada 0,05 berarti variabel brand image berpengaruh atas keputusan pembelian. Hasil uji hipotesis kedua (H2) adalah nilai dari variabel harga yakni 0,319 melebihi 0,05 berarti variabel harga tidak mempengaruhi atas keputusan pembelian. Hasil dari uji hipotesis ketiga (H3) adalah nilai variabel kualitas produk yakni 0,042 kurang dari 0,05 berarti variabel kualitas produk berpengaruh atas keputusan pembelian.

 

Brand image, price and product quality are factors that influence purchasing decisions. The research aims to test and carry out an analysis of the significant influence of brand image, price and product quality on purchasing decisions for Ajung Kalisat Sakera Noodles. The method used in this research is quantitative, the technique of collecting data through observation, questionnaires, documentation and interviews with 100 respondents. Measurements use tools namely validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, t test and R2 test. The result of testing the first hypothesis (H1) is the value of the brand image variable, namely 0.001, which is smaller than 0.05, meaning the brand image variable has an influence on purchasing decisions. The result of the second hypothesis test (H2) is that the value of the price variable is 0.319, exceeding 0.05, meaning that the price variable does not influence purchasing decisions. The result of the third hypothesis test (H3) is that the value of the product quality variable is 0.042, less than 0.05, meaning that the product quality variable has an influence on purchasing decisions.

References

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6688

Firmansyah, I. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Kota malang. MBR (Management and Business Review), 3(2), 116–123. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4723

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istiyanto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil LCGC di Surakarta). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Global Edition. London: Pearson.

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665

Nanda, V. D., & Keni, K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Makanan Kecil di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(5), 515–519. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20314

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/3594

Prajogi, N., & Patrikha, F. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PRIVATE LABEL INDOMARET (Studi di Indomaret Cabang Cerme). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 959-964. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/39997

Pramudiana, N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Mie Sakera Jember. Electronical Journal Of Social And Political Sciences (E-SOSPOL), 9(3), 274-283. https://doi.org/10.19184/e-sos.v9i3.34675

Pratama, B. S., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Pengunjung di Event-Event Kampus). Journal of Management, 3(3). https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/861

Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 139-149.

Rahman, K. M., & Haque, M. (2011). Exploring Price Sensitivity of a Green Brand: A Consumers’ Perspective. World Review of Business Research, 1, 84-97.

Salsabila, A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). Jurnal of Management & Business, 5(1), 156-167. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1902

Sari, D. P., & Soliha, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia di Kota Semarang. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call for Papers.

Setyaningrum, N., Waluyo, H. D., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Penjualan dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 197-204. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/4420

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Supangkat, A. H., & Supriyatin, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(9).

Suratmiyati, S., & Anggoro, Y. . (2020). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk jasa. MBR (Management and Business Review), 4(1), 52–59. https://doi.org/10.21067/mbr.v4i1.4629

Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022). Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Iklan, dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang).

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Wulandari, W., Izzuddin, A., & Reskiputri, T. D. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Mie Sakera Ajung Kalisat Kota Jember). Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.47134/jampk.v1i3.108

Issue

Section

Articles