Product Diversity, Price Perception, and Sales Promotion Impact on Customer Loyalty (Keragaman Produk, Persepsi Harga, dan Promosi Penjualan Berdampak pada Loyalitas Pelanggan)

Authors

  • Firdausi Nuzulah Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Misti Hariasih Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47134/aaem.v1i4.242

Keywords:

Produk Eiger, Loyalitas Pelanggan, Keragaman Produk, Persepsi Harga, Promosi Penjualan

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak dari keragaman produk, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan untuk produk Eiger, dengan menggunakan sampel sebanyak 100 konsumen. Dengan menggunakan analisis Partial Least Square melalui Software Smart PLS, penelitian ini mengungkapkan bahwa keragaman produk, persepsi harga, dan promosi penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara khusus, keragaman produk dan persepsi harga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, menyoroti pentingnya menawarkan berbagai macam produk dan mengelola persepsi harga secara efektif. Selain itu, promosi penjualan muncul sebagai pendorong yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, menggarisbawahi efektivitas kegiatan promosi dalam meningkatkan loyalitas merek. Temuan-temuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam konteks merek-merek produk outdoor seperti Eiger, yang menawarkan wawasan yang berharga bagi para pemasar dan manajer yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas merek dan daya saing di pasar.

References

Ardhianshah, R., & Susetyorini. (2020). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Eiger Adventure Store Gresik. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 5(2), 72-81.

Budiastari, S. (2018). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap, merek dan kepuasan pelanggan, loyalitas pakai, siap di, Holcim. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis, 1(1), 87-106. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdmb/article/view/3926

Budiono, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan dimasa pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2), 223-247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa, Retrieved from https://jom.unsurya.ac.id/index.php/jimen/article/view/17

I'tishom, M. F., & Martini, S. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi harga terhadap sikap serta keputusan konsumen untuk menggunakan Go-Pay. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, Retrieved from http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1793

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi, Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/8e3d/8786008b30babf509876ac7895022288cedf.pdf

Kryzhanovskii, S. A., Miroshkina, I. A., & Ionova, E. O. (2021). Rolle Sigma-1 receptorov v regulyatsii deyatel'nosti serdtsa. Chast' 2. Rol' Sigma-1 receptorov v kardioprotektsii. Fiziologiya Cheloveka, 47(4), 124-134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Kusdyah, I. (2012). Persepsi harga, persepsi merek, persepsi nilai, dan keinginan pembelian ulang jasa klinik kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, Retrieved from http://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/18781

Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., & Hadibrata, B. (2022). Korelasi keputusan pembelian: kualitas produk, persepsi harga dan promosi (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen, Retrieved from https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/977

Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. A., & ... (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Jurnal EMBA: Jurnal, Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37534

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, Retrieved from https://journal.ubm.ac.id/Index.Php/Business-Applied-Management/Article/View/870

Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan: analisis persepsi harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan (literature review manajemen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, Retrieved from https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1093

Prasadaty, M. G., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2022). Pengaruh keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi di Alfamidi.

Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. SEIKO Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 244-256. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1556

Putra, R. (2021). Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas produk, citra merek dan persepsi harga (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, Retrieved from https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/461

Rachman Putra, A., Herman Rudiansyah, M. M. D., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Pengaruh gaya hidup, lingkungan fisik, dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan Lottemart. Optimal Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 71-85. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i1.436

Rahmawati, T., & Ulfah, M. (2022). Analisis elemen brand equity. Jurnal Pengembangan dan Pengelolaan, 11, 2715-2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58842

Rohmawati, Z. (2018). Kualitas, harga dan keragaman produk terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 19. https://doi.org/10.30587/jre.v1i2.418

Samosir, C. B. H. (2015). Pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk Enervon-C. Repository Mercubuana, Retrieved from https://repository.mercubuana.ac.id/7716/2/2.%20ABSTRAK.pdf

Semarang, M., Hartono, S., & Yani, B. A. (2019). Pengaruh harga, keragaman produk dan merek terhadap keputusan pembelian produk pada PT. Index Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(2), 533-540. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.481

Septiani, R., & Nurhadi, N. (2020). Peran mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh e-service quality, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 249. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2886

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh electronic word of mouth dan promosi media sosial terhadap minat beli pada produk fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79-94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Nuzulah, F., & Hariasih, M. (2024). Product Diversity, Price Perception, and Sales Promotion Impact on Customer Loyalty (Keragaman Produk, Persepsi Harga, dan Promosi Penjualan Berdampak pada Loyalitas Pelanggan). Journal of Advances in Accounting, Economics, and Management, 1(4), 1–16. https://doi.org/10.47134/aaem.v1i4.242

Issue

Section

Articles