Product Diversity, Price Perception, and Sales Promotion Impact on Customer Loyalty (Keragaman Produk, Persepsi Harga, dan Promosi Penjualan Berdampak pada Loyalitas Pelanggan)
DOI:
https://doi.org/10.47134/aaem.v1i4.242Keywords:
Produk Eiger, Loyalitas Pelanggan, Keragaman Produk, Persepsi Harga, Promosi PenjualanAbstract
Penelitian ini menyelidiki dampak dari keragaman produk, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan untuk produk Eiger, dengan menggunakan sampel sebanyak 100 konsumen. Dengan menggunakan analisis Partial Least Square melalui Software Smart PLS, penelitian ini mengungkapkan bahwa keragaman produk, persepsi harga, dan promosi penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara khusus, keragaman produk dan persepsi harga berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, menyoroti pentingnya menawarkan berbagai macam produk dan mengelola persepsi harga secara efektif. Selain itu, promosi penjualan muncul sebagai pendorong yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, menggarisbawahi efektivitas kegiatan promosi dalam meningkatkan loyalitas merek. Temuan-temuan ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam konteks merek-merek produk outdoor seperti Eiger, yang menawarkan wawasan yang berharga bagi para pemasar dan manajer yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas merek dan daya saing di pasar.
References
Ardhianshah, R., & Susetyorini. (2020). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Eiger Adventure Store Gresik. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Kreatif, 5(2), 72-81.
Budiastari, S. (2018). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek terhadap, merek dan kepuasan pelanggan, loyalitas pakai, siap di, Holcim. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis, 1(1), 87-106. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdmb/article/view/3926
Budiono, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan dimasa pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2), 223-247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa, Retrieved from https://jom.unsurya.ac.id/index.php/jimen/article/view/17
I'tishom, M. F., & Martini, S. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi harga terhadap sikap serta keputusan konsumen untuk menggunakan Go-Pay. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, Retrieved from http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1793
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi, Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/8e3d/8786008b30babf509876ac7895022288cedf.pdf
Kryzhanovskii, S. A., Miroshkina, I. A., & Ionova, E. O. (2021). Rolle Sigma-1 receptorov v regulyatsii deyatel'nosti serdtsa. Chast' 2. Rol' Sigma-1 receptorov v kardioprotektsii. Fiziologiya Cheloveka, 47(4), 124-134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x
Kusdyah, I. (2012). Persepsi harga, persepsi merek, persepsi nilai, dan keinginan pembelian ulang jasa klinik kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, Retrieved from http://jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/view/18781
Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., & Hadibrata, B. (2022). Korelasi keputusan pembelian: kualitas produk, persepsi harga dan promosi (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen, Retrieved from https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/977
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. A., & ... (2022). Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kamsia Boba di Kota Lawang. Jurnal EMBA: Jurnal, Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37534
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, Retrieved from https://journal.ubm.ac.id/Index.Php/Business-Applied-Management/Article/View/870
Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan: analisis persepsi harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan (literature review manajemen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, Retrieved from https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1093
Prasadaty, M. G., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2022). Pengaruh keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi di Alfamidi.
Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. SEIKO Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(1), 244-256. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1556
Putra, R. (2021). Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas produk, citra merek dan persepsi harga (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, Retrieved from https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/461
Rachman Putra, A., Herman Rudiansyah, M. M. D., Darmawan, D., Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Pengaruh gaya hidup, lingkungan fisik, dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan Lottemart. Optimal Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 71-85. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i1.436
Rahmawati, T., & Ulfah, M. (2022). Analisis elemen brand equity. Jurnal Pengembangan dan Pengelolaan, 11, 2715-2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58842
Rohmawati, Z. (2018). Kualitas, harga dan keragaman produk terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 19. https://doi.org/10.30587/jre.v1i2.418
Samosir, C. B. H. (2015). Pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk Enervon-C. Repository Mercubuana, Retrieved from https://repository.mercubuana.ac.id/7716/2/2.%20ABSTRAK.pdf
Semarang, M., Hartono, S., & Yani, B. A. (2019). Pengaruh harga, keragaman produk dan merek terhadap keputusan pembelian produk pada PT. Index Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(2), 533-540. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.481
Septiani, R., & Nurhadi, N. (2020). Peran mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh e-service quality, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 249. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2886
Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh electronic word of mouth dan promosi media sosial terhadap minat beli pada produk fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79-94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firdausi Nuzulah, Misti Hariasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.