Minat Menggadaikan Emas Pada Produk Gadai Berdasarkan Akad Rahn dan Promosi
DOI:
https://doi.org/10.47134/jred.v1i2.140Keywords:
Akad Rahn, Promosi, Gadai, NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan pengaruh Akad Rahn terhadap Minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk gadai emas di BSI KCP Makassar Unismuh, (2) mendeskripsikan pengaruh promosi terhadap Minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk gadai emas di BSI KCP Makassar Unismuh, (3) mendeskripsikan Pengaruh Akad Rahn dan Promosi terhadap Minat Nasabah dalam Menggadaikan Emas pada Produk Gadai Emas BSI KCP Unismuh Makassar. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan juli sampai dengan bulan Agustus 2023. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah data primer, data primer dikumpulkan dengan melalui penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini. Sampel yang digunakan berjumlah 50 sampel, adapun metode analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS version 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) secara parsial Akad Rahn berpengaruh negatif secara signifikan terhadap minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk gadai emas di BSI KCP Makassar Unismuh, (2) secara parsial promosi memiliki pengaruh signifikan dalam menggadaikan emas pada produk gadai emas di BSI KCP Makassar Unismuh, (3) secara simultan akad rahn dan promosi berpengaruh positif secara signifikan terhadap dalam menggadaikan emas pada produk gadai emas di BSI KCP Makassar Unismuh. Berdasarkan hasil penelitian di atas kemampuan kedua variabel independen memberikan pengaruh yang kuat terhadap minat nasabah menggunakan dalam menggadaikan emas pada produk gadai emas di BSI KCP Makassar Unismuh. Implikasi pada penelitian ini menunjukkan variabel akad rahn dan promosi terhadap minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk gadai emas memberikan dampak yang baik di BSI KCP Makassar Unismuh.
This study aims to, (1) describe the effect of the Rahn Contract on customer interest in pawning gold on gold pawning products at BSI KCP Makassar Unismuh, (2) describe the effect of promotion on customer interest in pawning gold on gold pawning products at BSI KCP Makassar Unismuh, (3) describe the Effect of Rahn Contracts and Promotions on Customer Interests in Pawning Gold on BSI KCP Unismuh Makassar Gold Pawn Products. The time for conducting this research was from July to August 2023. This type of research is quantitative with a descriptive quantitative approach. The data source used is primary data, primary data is collected by distributing questionnaires, observation and documentation. Purposive sampling technique is a sampling technique in this study. The sample used was 50 samples, while the data analysis method in this study used multiple linear regression and data analysis techniques used the SPSS version 20 application.
The results of this study indicate that, (1) partially the Rahn contract has a significant effect on customer interest in pawning gold on gold pawning products at BSI KCP Makassar Unismuh, (2) partially promotions have a significant effect on pawning gold on gold pawning products at BSI KCP Makassar Unismuh, (3) simultaneously the rahn contract and promotions have a significant effect on pawning gold on gold pawn products at BSI KCP Makassar Unismuh. Based on the results of the research above, the ability of the two independent variables has a strong influence on the interest of customers to use in pawning gold on gold pawn products at BSI KCP Makassar Unismuh. The implications of this study show that the variable rahn contract and promotions on customer interest in pawning gold on gold pawning products has a good impact on BSI KCP Makassar Unismuh.
References
Ahmadi, B., Suksesiyah, P. K., Santi, M., & Nur’aini, A. (2023). Penyelesaian Pembiayaan Macet Pada Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Surya Madinah Tulungagung. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1-10.
Akib, B., Nur, A., & Handayani, L. (2023). Analysis of the Influence Islamic Branding on the Intention of the Community in Gowa District to Become Customers of Bank Syariah Indonesia (BSI). Journal of Waqf and Islamic Economic Philanthropy, 1(1), 1-11.
Anisa, S. (2021). Pengaruh Promosi, Nilai Taksiran, Pelayanan, dan Pembiayaan Pemeliharaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Pelayanan Jasa Gadai Emas Syariah (Studi Kasus Pegadaian Syariah Unit Cabang Kamal) (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).
Anzal, A. (2021). Pengaruh Promosi Dan Pembiayaan Rahn Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pt. Pegadaian Cabang Syariah Luwu (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).
Faudzi, M., & Asmara, G. D. (2023). Analisis Neraca Perdagangan Indonesia: Pendekatan ARDL. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(1), 1-16.
Febrianto, H. D., & Wardani, D. T. K. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(2), 1-22.
Gunawan, R., & Suripto, S. (2023). Determinan Impor Migas di Indonesia: Pendekatan VAR. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(1), 1-13.
Hidayat, R. W., & Pamungkas, W. S. (2023). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Barang Konsumen Tahun 2020-2021. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(2), 1-15.
Hilal, R. S., & Wardani, D. T. K. (2023). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha UMK di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(2), 1-12.
Jaya, I. N. A. K. J., & Netra, I. G. S. K. (2019). Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional (Doctoral dissertation, Udayana University).
Julihanza, A., & Khoirudin, R. (2023). Determinan Ketimpangan Pendapatan di Seluruh Provinsi di Sumatera. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(2), 1-12.
Karimah, S., & Astuty, I. (2023). Pengaruh Self Eficacy terhadap Kinerja Karyawan dengan Employe Engagement sebagai Variabel Mediasi Studi pada CV. Jawara Digital Yogyakarta. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(2), 1-19.
Khoirudin, R., & Haerusman, A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2014-2022. Journal of Regional Economics and Development, 1(1), 1-9.
Kinasih dan Suhermin. (2018). Pengaruh Produk, Promosi dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Matahari DepartemenStore Royal Plasa Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 4. No.2.
Lisdayanti, L. (2021). Pengaruh promosi terhadap minat nasabah dalam menggadaikan emas pada produk layanan gadai emas Bank Syariah Indonesia Kc Palangka Raya 2 (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).
Mufida, L. L. A., & Nasir, M. S. (2023). Analisis Dinamis Tingkat Pengangguran di Indonesia. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(1), 1-14.
Noviyati, A. M., & Khoirudin, R. (2023). Analisis Optimalisasi Aset Pemerintah Daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(2), 1-11.
Nur, M. (2021). Perlindungan Konsumen atas Pembiayaan dengan Akad Rahn pada Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Hukum dan Dinamika Masyarakat, 3(2), 73-85.
Nurmala, A. C. W., & Thamrin, H. M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi PT Putra Kalistail Banyuwangi dalam Meningkatkan Pelayanan pada Pelanggan. Journal Of Economics, Assets, And Evaluation, 1(1), 1-13.
Nurpita, A., Andjani, I., Prativi, F. P., & Ardhanti, R. (2023). Analisis Hubungan Faktor Lokasi dengan Harga Transaksi Rumah Tinggal Tipe Sederhana (Studi Kasus Kabupaten Bantul, Kulonprogo dan Sleman). Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(2), 1-10.
Prastyo, R. B., Santoso, B., & Wibowo, Y. G. (2023). Analisis Distribusi Selling-in UD. Bumi Pepaya untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran pada Perkebunan Pepaya di Desa Wonosobo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1-12.
Pratama, P. A., & Wardani, D. T. K. (2023). Analisis Faktor Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan Kelembagaan Terhadap Kesejahteraan Pedagang Kaki Lima Malioboro Pasca Relokasi di Teras Malioboro 1. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(2), 1-14.
Pratiwi, M. R., Izzudin, A., & Rahayu, J. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Lapangan Futsal Pasca Pandemi Covid di Mega Futsal Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1-10.
Qodariah, L., & Nurjihadi, M. (2024). PENGARUH SEKTOR-SEKTOR EKONOMI PRIORITAS DAN VARIABEL DEMOGRAFIS TERHADAP KONSUMSI ENERGI LISTRIK DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(3), 1-14.
Rahmatullah, F., Wijayantini, B., & Wibowo, Y. G. (2023). Analisis RBV (Resources Based View) untuk Menentukan Keunggulan Bersaing Perusahaan Pada UD. Tiga Putra. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1-17.
Shara, Y., & Khoirudin, R. (2023). Analisis Jangka Pendek dan Panjang Foreign Direct Invesment di Indonesia. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(1), 1-22.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suharli, S., & Bahariska, B. (2001). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Menjadi Nasabah di Baznas Kota Makassar. El-Iqtishod, 5(1), 1-26.
Supriyadi, E., Dewanti, D. S., & Mubarrok, W. (2023). Analysis of factors affecting the welfare of farmers and craftsmen in Naga village, Neglasari village, subdistrict, Tasikmalaya regency. Journal of Regional Economics and Development, 1(1), 1-13.
Surepno. (2018). Studi Implementasi Akad Rahn (Gadai Syariah) Pada Lembaga Keuangan Syariah. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law, 1-13.
Wahyudi, D. A. N., & Pranata, G. D. (2023). Pengaruh Iklim Oganisasi dan Kepemimpinan Transformational terhadap Work Engagement dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening Studi pada Sekertaiat Daerah Kabupaten Magetan. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(2), 1-19.
Zarkasyi, N. A., Supeni, R. I., & Sumowo, S. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek (Go-Food). Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dirmawati Dirmawati, Muthahharah Arli Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.