Analisis Review Pengunjung Hotel Syariah Daerah Tapal Kuda Berbasis Online

Authors

  • Bayu Koko Dermawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dimas Herliandhis Sodiqin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dofir Catur Bashori Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v1i1.118

Keywords:

Konsep Syariah, Fasilitas, Faktor Penentu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketertarikan pengunjung hotel syariah terhadap konsep syariah yang di sajikan oleh pihak hotel syariah , serta faktor faktor apa saja yang menjadi penentu pengunjung hotel syariah memilih memesan kamar di perhotelan syariah di daerah tapal kuda yaitu terdapat 6 hotel syariah yaitu Hotel Dalwa Syariah Pasuruan, Hotel Sevendream Syariah Jember, Hotel Tentrem Syariah Probolinggo, Hotel Istiqlah Syariah Banyuwangi, Hotel Reddoorz Syariah Bondowoso, Hotel Khayyira Syariah Lumajang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 200 review dari 3 aplikasi yaitu aplikasi google maps aplikasi traveloka dan aplikasi tiket.com. Dengan sampel pengunjung hotel syariah yang melakukan review pada 3 aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukan ketertarikan pengunjung hotel syariah didaerah tapal kuda sebesar 18,48% terhadap konsep syariah hotel syariah yang ada didaerah tapal kuda. Faktor yang menjadi penentu pengunjung hotel syariah memesan kembali yakni terdapat 9 faktor antara lain kebersihan hotel, kenyamanan pengunjung hotel syariah, dekat dengan mushollah/ ada fasilitas mushollah, penyediaan fasilitas al quran dan sejadah, kelengkapan fasilitas, playground, berkonsep islam.

References

Abdhul, Y. (2023). Teknik Pengumpulan Sampel. https://deepublishstore.com/blog/teknik-pengumpulan-sampel/

Adirestuty, F. (2019). CUSTOMER-PERCEIVED VALUE IN CREATING CUSTOMER SATISFACTION AND REVISIT INTENTION IN SHARIA HOTELS. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(2), 367–368. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i2.1067

Aditya Pratomo, A. G. (2017). Hotel Concept Analysis Of Syariah On Hotel Sofyan Jakarta As World Best Family Friendly Hotel. 354–357.

Alam, A. (2023). Exploring the spiritual and experiential dimensions of Sharia-compliant hotels in Indonesian halal tourism: A netnographic analysis of TripAdvisor reviews. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 10, 121–131. https://doi.org/10.21833/ijaas.2023.10.014

Alfiando, D. (2023). The influence of order process and transportation on the quality of service: Case study at Sharia-compliant hotel. AIP Conference Proceedings, 2691. https://doi.org/10.1063/5.0114978

Chikaputri, K. K. (2023). Effect of Inventory and Facilities on Service Quality: A Case Study in Sharia Hotel in Indonesia. AIP Conference Proceedings, 2680(1). https://doi.org/10.1063/5.0126057

Deisita Memah, A. T. (2015). ANALISIS STRATEGI PROMOSI, HARGA, LOKASI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI CITRA LAND MANADO. 1273–1623.

Hadi jatmiko, S. R. (2020). STUDI POTENSI PENGEMBANGAN HOTEL BERBASIS SYARIAH. 2685–6026.

Hadiasali, A. E. (2022). THE INFLUENCE OF SHARIA HOTEL INDICATORS TOWARDS ITS COMPETITIVE ADVANTAGE AND GUEST INTENTION TO STAY: AN APPRAISAL. Malaysian Journal of Syariah and Law, 10(2), 1–15. https://doi.org/10.33102/mjsl.vol10no2.401

Inda Ayu Kade Werdika Damayanti Solihin, M. S. (2021). Purbalingga. EUREKA MEDIA AKSARA.

Karanita, I., & Aprilia, L. R. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Tamu Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Syariah. Akademik Pariwisata NHI Bandung, 167–186.

Koburtay, T. (2021). Implications of spirituality and Islamic Shari’a law for workers’ well-being in luxury hotels: A eudaimonic view. Hospitality and Society, 11(2), 159–182. https://doi.org/10.1386/HOSP_00033_1

Kumparan. (2019). Tak Hanya Muslim, Penginapan Syariah Juga Diminati Traveler Non-Muslim. https://kumparan.com/kumparantravel/tak-hanya-muslim-penginapan-syariah-juga-diminati-traveler-non-muslim-1sAVf2Fyvhz/2

Kurun, K. (2020). Kebersihan Sebagian dari Iman: Peran PPNPn PA Kuala Kurun demi Mewujudkan 5R. https://pa-kualakurun.go.id/berita/arsip-berita-pengadilan/1043-kebersihan-sebagian-dari-iman-peran-ppnpn-pa-kuala-kurun-demi-mewujudkan-5r1n

Maulidina, M. (2021). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Memilih Hotel Syariah.

Piri, H. G. (2013). KUALITAS PELAYANAN JASA PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. 504–512.

Purwanto, M. R. (2020). A comparison on level of tenancy between sharia and non-sharia hotels in Yogyakarta Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(2), 1116–1120.

Qurtubi. (2021). Research on shariah hotel: A literature review. Estudios de Economia Aplicada, 39(10). https://doi.org/10.25115/eea.v39i10.5968

Ramdhani, A. R. (2022). Pengaruh Produk Media Sosial Terhadap Keputusan Menginap Terhadap Hotel Syariah di Bandung, Jawa Barat. 95–108.

Riyan Pradesyah, K. (2018). Analisis Penerapan Fatwah MUI Wisata Halal (Studi Kasus Hotel Syariah Medan).

Rizki Alhamdi, N. O. (2022). Analisis Review Hotel Oyo Di Padang Dari Situs Pemesanan Kamar “BOOKING.COM.” 23–27.

Sucipto, S. (2021). Factors affecting the adoption of halal assurance system (HAS) at a restaurant in sharia concept hotel. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 924(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/924/1/012053

Supaijo. (2023). DETERMINANTS OF SHARIA HOTEL MARKET IN INDONESIA. Journal of Law and Sustainable Development, 11(3). https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i3.732

Suryana, M. A. R. (2021). Cryptospatial Blockchain Sharia Hotel Based On Practical Byzantine Fault Tolerance. Telfor Journal, 13(1), 53–57.

Trisnaningtias, D. M. (2021). The Influence of Product and Price to Customer Satisfaction: Case Study at Sharia Compliant Hotel. 2021 International Conference on Sustainable Islamic Business and Finance, SIBF 2021, 39–43. https://doi.org/10.1109/IEEECONF53626.2021.9686321

Untung Sriwidodo, R. T. (2010). PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH. 164–173.

Vegirawati, T. (2019). CUSTOMER ATTITUDE AND INTENTION TOWARD SHARIA-COMPLIANT HOTELS. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(3), 559–578. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i3.1075

Wdyarini, F. K. (2014). Variabel yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Hotel Syariah. 83–94.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Dermawan, B. K., Sodiqin, D. H., & Bashori, D. C. (2024). Analisis Review Pengunjung Hotel Syariah Daerah Tapal Kuda Berbasis Online. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 1(1), 14. https://doi.org/10.47134/jpem.v1i1.118

Issue

Section

Articles

Categories

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.