Analisis Permintaan Objek Wisata Tebing Breksi Kabupaten Sleman dengan Pendekatan Individual Travel Cost Method

Authors

  • Ani Irvani Yatuz Zahra Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jees.v1i1.64

Keywords:

Frekuensi Kunjungan, Individual Travel Cost Method, Tebing Breksi

Abstract

Wisata Tebing Breksi merupakan wisata yang tidak terbentuk secara alami melainkan berasal dari bukit batu biasa yang menjelma akibat terkikis aktivitas penambangan bahan material bangunan oleh warga setempat selama bertahun-tahun dan menjadi sumber mata pencaharian warga.Akses jalan menuju wisata ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan dari luar pulau maupun luar daerah,dapat dikatakan wisata Tebing Breksi ini berada ditengah kota yang dimana dapat melihat objek wisata lainnya dari atas Tebing. Lalu pemandangan di malam hari menjadi keunggulan yang ditawarkan Tebing Breksi karena dapat melihat lampu-lampu malam hari Ibukota Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendapatan,biaya perjalanan, pendidikan, dan fasilitas terhadap frekuensi kunjungan wisatawan di objek wisata Tebing Breksi dengan menggunakan metode Individual Travel Cost pada objek wisata Tebing Breksi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode random sampling yang dilakukan dengan cara memilih secara acak wisatawan yang mengunjungi objek wisata Tebing Breksi. Alat analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan SPSS 23 analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa faktor yang berpengaruh positif yaitu pendapatan berpengaruh positif terhadap frekuensi kunjungan wisata Tebing Breksi dengan nilai koefisien sebesar 0,260 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Biaya perjalanan berpengaruh positif terhadap frekuensi kunjungan wisata Tebing Breksi dengan nilai koefisien sebesar 0,289 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dan pendidikan berpengaruh positif terhadap frekuensi kunjungan wisata Tebing breksi dengan nilai koefisien sebesar 0,042 dan nilai koefisien sebesar 0,000.

 

Breksi Cliff Tourism is a man-made tourist attraction created by the erosion of mining activities for building materials by local residents over the years. It has now become a source of livelihood for residents. The tourist attraction is easily accessible by road and is located in the middle of the city, providing visitors with a panoramic view of other tourist attractions from the top of the cliff. At night, visitors can enjoy the night lights of the capital. The purpose of this research is to determine and analyze the influence of income, travel costs, education, and facilities on the frequency of tourist visits to the Tebing Breksi tourist attraction using the Individual method. The research was carried out by randomly selecting tourists who visited the Breksi Cliff tourist attraction. The SPSS 23 software was used to analyze the data. The results of the study showed that income, travel costs, and education had a positive effect on the frequency of tourist visits to the Breksi Cliff. Income had a coefficient value of 0.260 and a significance value of 0.000. Travel costs had a coefficient value of 0.289 and a significance value of 0.000. Education had a coefficient value of 0.042 and a significance value of 0.000.

References

Afif, M. (2017). Teori Permintaan Dan Konsumsi Inter-Temporal Antara Islam Dan Konvensional. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(2). https://doi.org/10.30736/jesa.v2i2.29

Dwisolehati, A., & Dewanti, D. (2022). Travel Cost Method Analysis on Cultural Preserve of Palgading Temple Using Marketing Approach. Proceedings of the 3rd International Conference of Business, Accounting, and Economics, ICBAE 2022, 10-11 August 2022, Purwokerto, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.10-8-2022.2320781

Jannah, F., & Fauziyah, E. (2023). Economic Value of Tlangoh Beach Tourism Object in Bangkalan Regency. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 24(1), 69–83.

Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Etikan, I. (2017). Sampling and Sampling Methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6). https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149

Handayani, T. D., Warningsih, T., & Bathara, L. (2021). The Economic Valuation of Marjoly Beach and Resort Tour with Travel Cost Method (Travel Cost Method) Bintan District, Riau Islands Province. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 26(2), 115. https://doi.org/10.31258/jpk.26.2.115-124

Hanum, N., Kunci, K., & Unsam, M. (2017). Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Universitas Samudra di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), 107.

Hasibuan, B. (2014). Valuasi ekonomi lingkungan nilai gunaan langsung dan tidak langsung komoditas ekonomi. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2).

Herminto, F., Eriyati, E., & Aqualdo, N. (2015). Analisis Permintaan Objek Wisata Sungai Hijau di Kabupaten Kampar dengan Metode Biaya Perjalanan. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(1).

Irsanti, S. W., Haryanto, T., & Kusumawardani, D. (2020). Nilai Ekonomi Kebun Binatang Surabaya denga Pendekatan Travel Cost Method. Media Trend, 15(2), 291–300. https://doi.org/10.21107/mediatrend.v15i2.6910

Islami, M. E. N. (2021). Dampak Keberadaan Objek Wisata Tebing Breksi terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Media Wisata, 18(1), 129–145. https://doi.org/10.36276/mws.v18i1.83

Janie, D. N. A. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS (1st ed.). Semarang university Press.

Kunarto, K. (2019). PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP. Hukum Dan Dinamika Masyarakat, 17(1). https://doi.org/10.36356/hdm.v17i1.1277

Lasmana, A. D. (2022). Estimasi Manfaat Ekonomi Objek Wisata Museum Geologi, Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Aplikasi Travel Cost Method. In Parahyangan Economic Development Review (PEDR) (Vol. 1, Issue 1).

Natacia, F., Yuliawan, D., Sirat, M., & Murwiati, A. (2023). Estimasi Nilai Ekonomi Wisata Dengan Menggunakan Travel Cost Method… Estimasi Nilai Ekonomi Wisata Dengan Menggunakan Travel Cost Method. Economies and Digital Business Review, 4(2).

Noho, Y., Wijaya, R., & Anugrah, K. (2020). Analisis Nilai Ekonomi Pengembangan Ekowisata Kawasan Danau Limboto Menggunakan Travel Cost Method Approach. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 1. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.1-8.2020

Putri, W. (2019). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul Menggunakan Pendekatan Travel Cost Method. Jurnal Reka Lingkungan, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.26760/rekalingkungan.v7i1.1-11

Salma, A., & Susilowati, I. (2010). ANALISIS PERMINTAAN OBJEK WISATA ALAM CURUG SEWU, KABUPATEN KENDAL DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST. Jurnal Dinamika Pembangunan, 1(2).

Saptutyningsih, E. , & Ningrum, C. M. (2017). ESTIMASI NILAI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI GOA CEMARA KABUPATEN BANTUL: Pendekatan Travel Cost Method. Balance, 56(2).

Saputra, A. S., Subiyanto, S. , & Wijaya, A. P. (2016). PEMANFAATAN NILAI WILLINGNESS TO PAY UNTUK PEMBUATAN PETA ZONA NILAI EKONOMI KAWASAN MENGGUNAKAN TRAVEL COST METHOD DAN CONTINGENT VALUATION METHOD DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi Kasus : Kawasan Tamansari Yogyakarta). Jurnal Geodesi Undip, 5(4), 188–195.

Setiawan, I. (2020). PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu untuk Mewujudkan Poros Maritim dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat POTENSI DESTINASI WISATA DI INDONESIA MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBAK, 5(3), 248–253.

Spillane, J. J. (1987). Ekonomi Pariwisata : Sejarah Dan Prospeknya (1st ed.). Kanisius.

Sugianto, D., Suwartono, C., & Sutanto, S. H. (2020). Reliabilitas dan validitas Self-Compassion Scale versi Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(2), 177–191. https://doi.org/10.24854/jpu107

Sugiharti, R. R. R., Islami, F. S., & Nurcahaya, Y. A. (2019). Kajian Valuasi Ekonomi Objek Wisata Sekar Langit Kabupaten Magelang dengan Pendekatan Travel Cost Method. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 221–229. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i2.83

Suryani, A. I. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA LOKAL. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595

Zulpikar, F., Prasetiyo, Dandy. E., Shelvatis, T. V., Komara, K. K., & Pramudawardhani, M. (2017). Valuasi Ekonomi Objek Wisata Berbasis Jasa Lingkungan Menggunakan Metode Biaya Perjalanan di Pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran. Journal of Regional and Rural Development Planning, 1(1), 53. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2017.1.1.53-63

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Zahra, A. I. Y. (2023). Analisis Permintaan Objek Wisata Tebing Breksi Kabupaten Sleman dengan Pendekatan Individual Travel Cost Method. Journal of Environmental Economics and Sustainability, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.47134/jees.v1i1.64

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.