Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UMY
DOI:
https://doi.org/10.47134/jees.v1i1.63Keywords:
Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Harga, Gaya Hidup, Perilaku KonsumtifAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Harga. Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Umy, penelitian ini diadakan karena ingin mengetahui seberapa besar pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Harga. Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Umy. Selain itu, peneliti juga mengalami sendiri ketika berbelanja online untuk diperbandingkan antara marketplace satu sama lain. Subjek penelitian ini merupakan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini memanfaatkan teknik penghimpunan sampel melalui metode purposive sampling. Penghimpunan data dilaksanakan lewat google form. Data yang didapatkan sebanyak 371, selanjutnya diolah dengan memakai analisis regresi linier berganda. Menurut analisis data yang sudah dilaksanakan variabel Kepercayaan berdampak positif dan signifikan kepada Perilaku Konsumtif dengan nilai koefisien sebesar 0,113. Variabel Kemudahan Penggunaan berdampak positif serta signifikan kepada Perilaku Konsumtif dengan nilai koefisien sebesar 0,121. Variabel Harga berdampak positif serta signifikan kepada Perilaku Konsumtif dengan nilai koefisien sebesar 0,114. Serta Variabel Gaya Hidup berdampak positif serta signifikan kepada Perilaku Konsumtif dengan nilai koefisien sebesar 0,319.
This study aims to determine the effect of trust, ease of use, price. And Lifestyle on Consumptive Behavior of Umy Students, this research was held because we wanted to find out how much influence Trust, Ease of Use, Price have. And Lifestyle Against Consumptive Behavior of Umy Students. In addition, researchers also experienced themselves when shopping online to compare between marketplaces with each other. The subjects of this study were students of Yogyakarta Muhammadiyah University. This study utilized a sample collection technique through purposive sampling method. Data collection is carried out via Google Forms. The data obtained were 371, then processed using multiple linear regression analysis. According to the data analysis that has been carried out, the Trust variable has a positive and significant impact on Consumptive Behavior with a coefficient value of 0.113. The Ease of Use variable has a positive and significant impact on Consumptive Behavior with a coefficient value of 0.121. The price variable has a positive and significant impact on consumptive behavior with a coefficient of 0.114. As well as Lifestyle Variables have a positive and significant impact on Consumptive Behavior with a coefficient value of 0.319
References
Abdul Rahman, (2017) “„ Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online ‟ (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli „ Z ‟)”, , Vol. 52, No. 1,.
Aribowo, Dwi Putra Jati dan Mahendra Adhi Nugroho. (2013). “Pengaruh Trust dan Perceived of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Dengan Menggunakan E-Commerce”. Jurnal Nominal. FE-UNY Volume 2. Nomor 1. halaman 11-35.
Cahyani, Haritsa Hasyira. (2021). “Analisis Pengaruh Promosi Digital, Kepercayaan, Dan Kemudahan Berbelanja Melalui Lokapasar (Marketplace) Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Y Dimoderasi Dengan Variabel Religiusitas
Cockrill, A., & Mark M. H. G. (2010) . Perceived Price And Price Decay In the DVD Market.
The Journal of Product And Brand Management, 19, 367- 374
Desfayanti. (2021). “Hubungan Kemudahan Penggunaan M-Banking Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang Pengguna Shopee. Jurnal Psikologi Jambi. Vol 6. No 1. 11-18.
Gunawan, Fransiskus. (2013). “Pengaruh Persepsi Merek dan Kepercayaan Konsumen Atas Produk Terhadap Brand Switching Atas Produk Smartphone (BlackBerry) Pada Mahasiswa UNP”. Jurnal Manajemen. Volume 2 No 01. Padang.
Hariyono, Pulyadi. (2015). “Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Siswa Menengah Atas Negeri 5 Samarinda”. Journal Psikologi. Vol. 3 (2), hal. 569-578.
Hartono M Jogiyanto, (2007). “Sistem Informasi Keperilakuan”, Yogyakarta: Andi Offset. Kanserina, Dias. (2015). “Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Vol. 5, Nomor 1. Kotler Philip, and
Kevin Keller, (2012). ‘’Manajemen Pemasaran’’ Edisi keempat belas. JilidPertama dan Kedua. PT. Indeks: Jakarta.
Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 1. Terjemah: Bob Saban, Jakarta: Indeks. Mandey, L Silvya. 2009. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 6 (1): 92- 100.
Pane, Dewi Nurmasari, (2018). “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang Ayahanda). Jurnal Manajemen Tools, ISSN : 2088-3145, Vol. 9 No. 1
Peter dan Olson. (2000). Consumer Behaviour. Edisi 4, Jilid 2,: Erlangga, Jakarta.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(1), 103-110. DOI: 10.5281/zenodo.1410873
Sekaran, Uma. Bougie, R. (2017). Metode penelitian untuk bisnis jilid 1 (6th ed.). Salemba Empat.
Sudjatmika, Fransiska Vania (2017). “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Com”, Agora, Vol. 5, No. 1.
Sugihartati, Rahma. (2018). “Masyarakat Digital, Gaya Hidup, dan subkuktural”. Yogyakarta: Suluh Media. Hal 23
Sukma, Abdurrahman Adi., 2012, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Social Networking Websites, Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
Sumarwan, Ujang. (2011). “Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
T Ramayah and Joshua Ignatius, (2010). “Intention to Shop Online: The Mediating Role of Perceived Ease of Use”, Middle-East Journal of Scientific Research, Vol. 5, No. 3, h. 152–156.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran ( Edisi III). Jogjakarta: Andi.
W Wardoyo and Intan Andini, (2017). “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma”, Jurnal Manajemen Dayasaing, Vol. 19, No. 1, h. 12–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
-
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
-
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.