Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Portofolio Produk “Ponchi”

Authors

  • Nabila Della Faradila Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dafira Asa Nazila Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Andini Aulya Nurmala Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Syahril Haridinata Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Romadona Ilham Madani Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat N. Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.749

Keywords:

Ponchi, Klepon Modern, Pengembangan Bisnis, Portofolio Produk, Kuliner Tradisional

Abstract

Artikel ini membahas tentang perencanaan dan pengembangan usaha “Ponchi” (klepon mochi) makanan tradisional yang diadaptasi untuk menarik perhatian anak muda. Penelitian ini berfokus pada strategi usaha, kesempatan dan tantangan di pasar, serta pengembangan produk. Dengan menggunakan analisis kualitatif dan SWOT, terungkap bahwa Ponchi memiliki potensi pasar yang menjanjikan berkat kombinasi rasa klasik dan presentasi yang modern. Tantangan utama meliputi kompetisi dalam industri makanan cepat saji dan perubahan selera konsumen. Strategi pembeda, inovasi dalam kemasan, dan pemasaran digital dianggap sebagai cara yang efektif untuk memperluas jangkauan pasar. Ponchi juga berhasil menjadi representasi modernisasi kuliner tradisional tanpa menghilangkan aspek budaya yang ada.

References

Andrean Maulana Artiarno, E. D. (2024). PERANCANGAN PLATFORM INOVATIF UNTUK PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN KULINER NUSANTARA DI ERA GLOBALISASI . Jurnal PROSISKO, Vol.11 (2). 231. https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/8621 DOI: https://doi.org/10.30656/prosisko.v11i2.8621

Annisa Damayanti, M. F.-Z. (2024). Eksplorasi Perubahan Preferensi Konsumsi Makanan Tradisional Nusantara terhadap Makanan Korea di Era Globallisasi Pada Masyarakat Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.8 (3). 45792. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/22547/15410/38320

Aprilia Andriyanti, B. S. (2024). Upaya Pelestarian dan Pengembangan Kue Tradisional Betawi. Jurnal Pariwisata dan Perhotelan, Vol.2 (1). 2-3. https://journal.pubmedia.id/index.php/pjpp/article/download/3307/3245/6708 DOI: https://doi.org/10.47134/pjpp.v2i1.3307

Canty Zenitha, E. H. (2025). MODIFICATION OF TRADITIONAL FOOD (KLEPON CHEESECAKE). Jurnal Manner, Vol.4 (1). 17-18. https://jurnal.btp.ac.id/index.php/manner-btp/article/download/366/259/1686 DOI: https://doi.org/10.59193/jmn.v4i1.366

Daniel Pandu Mau, Y. P. (2024). Pelestarian Wisata Kuliner Lokal dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Surabaya. GREENOMIKA, Vol.6 (2). 124. https://journal.unusida.ac.id/index.php/gnk/article/download/1479/951/5878

Dwi Budi Srisulistiowati, S. R. (2022). Pelatihan Membuat Rencana Bisnis Pada Remaja Karang Taruna Bocah Sawah Bekasi. Journal of Computer Science Contributions (JUCOSCO), Vol.2 (1). 28-29. DOI: https://doi.org/10.31599/jucosco.v2i1.917

Esa Puspa Meysa Putri, K. A. (2024). PERAN MAKANAN TRADISIONAL DALAM MENGUATKAN IDENTITAS NASIONAL. Jurnal Budaya Nusantara, Vol.7 (1). 025. https://jurnal.unipasby.ac.id/jurnal_budaya_nusantara/article/download/8834/6033 DOI: https://doi.org/10.36456/JBN.vol7.no1.8834

FoEh, P. D. (2020). PERENCANAAN BISNIS. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Gazza, P. P. (2025, Januari). Tren Pertumbuhan Startup di Tahun 2025. Retrieved from AutoKirim: https://doisz.com/id/blog/crescimento-para-startups-em-2025/

Hendranus Bangkur1, M. B. (2024). Product Pangan Lokal Ubi Jalar Dalam Pembuatan Klepon Palm Sugar White Chocolate Di Desa Wisata Todo. Jurnal of Global and Multidiciplinary, Vol.2 (7). 2090. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple/article/view/463

Kirana Ayudya Wardani, H. I. (2022). TREN MAKANAN SEBAGAI DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PERTUKARAN BUDAYA. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, Vol.3. 445-446. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/download/1131/861

Malvira Pohan, N. T. (2024). Tantangan Wirausaha Penjual Kuliner Tradisional di Tengah Popularitas Makanan Modern Era Globalisasi Saat Ini . Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, dan Pajak, Vol.1 (4). 142-152. https://ejournal.areai.or.id/index.php/JIEAP/article/download/650/1019/3570 DOI: https://doi.org/10.61132/jieap.v1i4.650

Naia Sophianti, M. B. (2024). Lentog Tanjung: Antara Tradisi Kuliner dan Tantangan Modernisasi di Era Globalisasi di Abad 20. Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Sejarah, Vol.13 (2). 43-44. https://journal.unnes.ac.id/journals/hp/article/view/14820 DOI: https://doi.org/10.15294/hp.v13i02.14820

Nurul Hidayat, S. F. (2024). Pengenalan Kue Klepon Sebagai Warisan Kuliner Nusantara dalam Upaya Pelastarian Budaya di Tengah Masyarakat Kelurahan Selumit Pantai. Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, Vol.2 (6). 138-139. https://journal.areai.or.id/index.php/MENGABDI/article/download/1097/1421/5804#:~:text=Klepon%20merupakan%20jajanan%20pasar%20tradisional,rasa%20yang%20unik%20dan%20lezat. DOI: https://doi.org/10.61132/mengabdi.v2i6.1097

Polarista Mariani Sagala, K. M. (2024). ANALISIS PENTINGNYA PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.4 (1). 151.

Unggul Putra Jaya, Y. I. (2024). PENGEMBANGAN KULINER TRADISIONAL SEBAGAI DAYA TARIK PARIWISATA DI DESA TENGGALINGGAH. Jurnal Pariwista, Vol.5 (2). 87. https://jurnal.dharmasentana.ac.id/jurnalPariwisataPaRAMA/article/download/761/331/

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Faradila, N. D., Nazila, D. A., Nurmala, A. A., Haridinata, S., Madani, R. I., & N. , R. H. (2025). Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Portofolio Produk “Ponchi”. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi Dan Masyarakat, 2(3), 11. https://doi.org/10.47134/jpem.v2i3.749

Issue

Section

Articles