Memodernisasi Administrasi Kependudukan di Indonesia dengan Aplikasi Sipraja
Keywords:
Efektivitas, Adminisrasi Kependudukan, SiprajaAbstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas aplikasi Sipraja dalam menyediakan layanan administrasi kependudukan di Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Meskipun kemajuan teknologi dimaksudkan untuk mempermudah penyampaian layanan, aplikasi ini belum berfungsi optimal karena keterbatasan sumber daya, personel yang terbatas, dan infrastruktur yang tidak memadai. Menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan sampel purposif, penelitian melibatkan informan kunci dari badan administrasi lokal untuk menilai dampak dari kendala tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan metode Milles dan Huberman, berfokus pada pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil menunjukkan bahwa sementara aplikasi memastikan pengolahan dokumen berkualitas tinggi, adopsi dan fungsionalitasnya terhambat oleh inefisiensi operasional dan masalah antarmuka pengguna. Studi ini menyoroti kebutuhan akan dukungan pemerintah yang ditingkatkan dan peningkatan infrastruktur untuk sepenuhnya memanfaatkan solusi digital dalam administrasi publik.
References
AL-SHIRAZI, K. N. M. (2020). Epistemologi tafsir al-amthal fitafsir kitab Allah almunzal. Jurnal Syntax Transformasi, 1(6).
Darim, A. (2020). Manajemen perilaku organisasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22-40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29
Dewi, I. C. (2011). Manajemen kesekretariatan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Finami, D., Andriyanto, W. A., & Widyastuti, S. (2020). Analisis penerapan sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal dalam transaksi penjualan barang (Studi kasus pada Rumah Makan Lembur Kuring Bogor). In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 209-220).
Hakim, H. (2017). Perencanaan pembukaan rute Bontang-Surabaya di Pelabuhan Loktuan oleh PT. Pelindo IV cabang Bontang dalam rangka peningkatan pelayanan publik di bidang transportasi.
Iriany, A., Ngabu, W., Solimun, S., Efendi, A., & ... (2023). Penerapan aplikasi sistem administrasi desa untuk mendukung tata kelola pemerintah desa di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau. Jurnal Inovasi Administrasi Terapan, 43-48. https://jiat.ub.ac.id/index.php/jiat/article/view/414
Maryati. (2008). Manajemen perkantoran efektif (2nd ed.). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Musaddad, A. A., Ahzani, W. K. F., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) sebagai inovasi pelayanan publik. Jurnal Syntax Transformasi, 1(6), 206-213.
Putra, A. A., & Ariebowo, T. (2023). Pengaruh manajemen waktu terhadap kinerja karyawan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta Jakarta. Jurnal Akuntansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, 3(1), 62-71.
Raihan, A. H., Amin, M. J., & Dama, M. (2017). Efektivitas kebijakan penerapan aplikasi sistem informasi desa dan kelurahan (Si-Daleh) di Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara. eJournal Ilmu Pemerintahan, 5(3), 1205-1218.
Sari, D. D. (2016). Peranan Karang Taruna dalam meningkatkan kepedulian sosial pemuda. Jurnal Pendidikan, 1, 58-64.
Siagian, P. (1987). Penelitian operasional: Teori dan praktek. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Sumedang, S. K. (2022). Volume 4 Issue 2, Desember 2022. Jurnal Keuangan, 4(2), 70-76. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/keuangan
Suryani, F., & Putiharjo, C. A. (2023). Analisis perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode job order costing pada CV. Rumah Sablon Pekanbaru. PEKA, 11(1), 9-22.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Izzuddin, Ahmad Riyadh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.