Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah

Authors

  • Hafizh Dwi Febrianto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jmsd.v1i2.85

Keywords:

Pengetahuan, Persepsi, Promosi, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk menjadi nasabah bank syariah. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Ekonomi semester VII. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Faktor pengetahuan mahasiswa berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk menjadi nasabah bank syariah, (2) Faktor persepsi mahasiswa berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk menjadi nasabah bank syariah, (3) Faktor Promosi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa untuk menjadi nasabah bank syariah, (4) Faktor pengetahuan, persepsi, dan promosi sama-sama secara simultan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah.

References

Alamsyah, H. (2012). Perkembangan dan prospek perbankan syariah Indonesia: Tantangan dalam menyongsong MEA 201. Ikatan Ahli Ekonomi Islam.

Albaum, G. (1997). The Likert Scale Revisited. Market Research Society. Journal., 39(2), 1–21. https://doi.org/10.1177/147078539703900202

Andriani, S. (2017). Uji Park Dan Uji Breusch Pagan Godfrey Dalam Pendeteksian Heteroskedastisitas Pada Analisis Regresi. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 63–72. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1014

Angriani, S. (2019). PENGARUH PERSEPSI KEYAKINAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH ( STUDI KASUS : MAHASISWA DI SURABAYA ). Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1).

Anshori, A. G. (2018). Perbankan syariah di Indonesia (1st ed.). UGM press.

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: dari teori ke praktik (1st ed.). Gema Insani.

Clarke, P., Crawford, C., Steele, F., & Vignoles, A. F. (2010). The Choice Between Fixed and Random Effects Models: Some Considerations for Educational Research. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1700456

Dibah, F., Suryani, S., & Sari, L. P. (2022). PREFERENSI MAHASISWA MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH : STUDI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DKI JAKARTA. JURNAL MANEKSI, 10(2), 141–148. https://doi.org/10.31959/jm.v10i2.700

Fauzi, R. N. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENGETAHUAN AGAMA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa Santri di Kabupaten Sleman Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(1).

Ghozali, imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Habsy, B. (2016). BUKU PSIKOLOGI SOSIAL.

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT DAN MINAT PENERAPAN NILAI ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TABUNGAN PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1). https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790

Irawan, D., Sugianto, S., & Siregar, S. (2022). Manajemen Pemasaran Bank Syariah Berbasis Tekhnology Revolusi Industry 4.0. MES Management Journal, 1(1), 27–39. https://doi.org/10.56709/mesman.v1i1.11

Parment, A., Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Principles of marketing: Swedish edition. Prentice-Hall.

Rivai, H. V., Veithzal, A. P., & Fawzi, M. G. H. (2022). Islamic transaction law in Business. Bumi Aksara.

Sandria, W. (2018). Persepsi Mahasiswa tentang Bank Syariah terhadap Keputusan Menabung di Perbankan Syariah. Journal Development, 6(2), 178–190.

Saputra, A. E. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menabung Dengan Minat Menabung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(1), 8–20. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i1.116

Seale, C., Chaplin, R., Lelliott, P., & Quirk, A. (2006). Sharing decisions in consultations involving anti-psychotic medication: A qualitative study of psychiatrists’ experiences. Social Science & Medicine, 62(11), 2861–2873. https://doi.org/10.1016/j.socscimed.2005.11.002

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis (6th ed.). Salemba Empat.

Setiadi, N. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga. Prenada Media.

Sugiyono. (2010). Memahami penelitian kualitatif (1st ed.). Alfabeta.

Sulfiana, E. (2020). Penerapan Sistem Mobile Banking Dalam Peningkatan Pelayanan Nasabah Bank Sulselbar Cabang Barru. IAIN Parepare.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Febrianto, H. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah. Journal of Macroeconomics and Social Development, 1(2), 1–22. https://doi.org/10.47134/jmsd.v1i2.85

Issue

Section

Articles