Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Palembang

Authors

  • Fayza Nurdia Fitrie Universitas Katolik Musi Charitas
  • Oliver Valentino Universitas Katolik Musi Charitas

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v2i3.652

Keywords:

Gaya Hidup, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi bagaimana gaya hidup dan persepsi terhadap merek mempengaruhi pembelian sayuran hidroponik di Palembang. Fokus utama penelitian adalah untuk mengidentifikasi peran gaya hidup individu, seperti kesadaran akan kesehatan, kepedulian lingkungan, dan preferensi terhadap makanan sehat, dalam memengaruhi preferensi konsumen terhadap sayuran hidroponik. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif, menggunakan kuesioner sebagai sarana utama untuk mengumpulkan data dari konsumen yang membeli sayuran hidroponik di Palembang. Temuan dari penelitian ini menegaskan bahwa gaya hidup individu memiliki dampak yang signifikan pada keputusan pembelian sayuran hidroponik. Aspek-aspek seperti kesadaran akan manfaat kesehatan sayuran hidroponik, kepedulian terhadap lingkungan, dan orientasi terhadap gaya hidup sehat, memainkan peran penting dalam membentuk preferensi pembelian. Selain itu, citra merek juga memengaruhi preferensi konsumen terhadap sayuran hidroponik. Implikasi dari hasil penelitian ini memberikan informasi yang berharga bagi produsen dan pemasar untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, dengan tujuan meningkatkan minat dan penjualan sayuran hidroponik di pasar Palembang serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan sehat dan berkelanjutan dalam masyarakat.

References

Afidah, D. A. D., & Rohyani, I. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Sehat Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Bear Brand Di Kebumen. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Ayu, S., & Rosli, M. S. Bin. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA (Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika, 6(1), 145–155.

Azizah, I. N., Arum, P. R., & Wasono, R. (2021). Model terbaik uji multikolinearitas untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di Kabupaten Blora tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 61–69. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2021&q=uji+autokorelasi+adalah&hl=id&as_sdt=0,5

Fadhilah, S. (2024). Implementasi Digital Marketing Melalui Social Media Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pelaku Usaha Pemula. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2105-2124. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3947

Fawwaz, M. S., Sudjoni, N., & Susilowati, D. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayur Hidroponik (Studi Kasus Pojok Hidroponik Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). 1(2004), 2234–2239. https://doi.org/10.16285/j.rsm.2007.10.006

Firdausya, F. A., & Indawati, R. (2023). Perbandingan Uji Glejser Dan Uji Park Dalam Mendeteksi Heteroskedastisitas Pada Angka Kematian Ibu Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Jurnal Ners, 7(1), 793–796. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.14069

Lana, H. (2024). Pengaruh Digitalisasi Bisnis Terhadap Kinerja Bisnis Yang Dimediasi Oleh Knowledge Management Pada Umkm Peserta Program Inkubasi Jogja Fashion Dunia. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

Mardiatmoko, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Nuraeni, B. S. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. urnal Bisnis STRATEGI. 23 (1), 1-20.

Permatasari, T. V. & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir di Jakarta. 7 (3) (2023).

Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 Kva Dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213–216. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.696

Rasyid, E., & Apriani, R. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Produk Terhadap Keputusan Pembelian Buds Organics. 4(1), 1–23.

Sakti, D. H., & Pratama, M. P. (2022). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup, dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian Polygon di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(1), 83–96. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i1.30

Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2020). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Analisis Koefisien Determinasi Dan Uji Regresi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 69–76. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2250

Sarwindah, S., Laurentinus, L., Rizan, O., & Hamidah, H. (2021). Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(2), 65–69. https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.338

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 9, 2721–2731.

Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Jurnal Cakrawangsa Bisnis, 1(1), 17–28. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb

Tiyas, R. D. M., & Samudi, S. (2021). Kelayakan Usahatani Sayuran Hidroponik (Studi Kasus Pada Hidroponik Guyup Rukun Kediri). Manajemen Agribisnis: Jurnal, 21(2), 65–70. https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/1857

Tusyaidah, A., Saryadi, & Ngatno. (2023). Pengaruh Green Ma dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk le minerale kota semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 229–235. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, I. N., Prahadi, M. A., Prasetyo, T., & Sabilah, A. I. (2024). Analisis data sampel menggunakan uji hipotesis penelitian perbandingan pendapatan menggunakan uji anova dan uji t. Ekonomi Dan Bisnis, 2(30218365), 775–785.

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Fitrie, F., & Valentino, O. (2025). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Palembang. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 2(3), 14. https://doi.org/10.47134/jampk.v2i3.652

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.