Pengaruh Iklan dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Lemonilo di Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.47134/jampk.v1i2.44Keywords:
Iklan, Brand Ambassador, Keputusan PembelianAbstract
Kemajuan teknologi pada zaman sekarang berkembang sangat pesat. Akibatnya internet lebih mudah diakses oleh semua orang. Pada saat bermain media sosial, seringkali muncul iklan yang diperankan oleh seseorang yang terkenal seperti artis, dimana iklan yang menampilkan seseorang yang terkenal atau yang bisa disebut brand ambassador ini menarik konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dari barang yang diiklankan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh iklan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian. Analisis ini menggunakan variabel Independen atau variabel X yaitu iklan dan brand ambassador. Variabel dependen atau variabel Y yaitu keputusan pembelian. Satuan unit atau objek pada penelitian ini ialah konsumen lemonilo yang berdomisili dan bertempat tinggal di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik pengambilan purposive sampling dengan metode pengujian hipotesis analisis regresi berganda. jumlah responden sebanyak 103 konsumen lemonilo di Kota Palembang. Dari penelitian ini diketahui bahwa iklan dan brand ambassador memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian lemonilo di Kota Palembang.
Technological advances nowadays are developing very rapidly. As a result, the internet is more easily accessible to everyone. When playing on social media, advertisements often appear played by someone famous, such as an artist, where advertisements featuring someone famous or what could be called a brand ambassador attract consumers to make purchasing decisions about the goods being advertised. The purpose of this research is to analyze and determine the influence of advertising and the Ambassador brand on purchasing decisions. This analysis uses independent variables or variable X, namely advertising and brand ambassador. The dependent variable or variable Y is the purchasing decision. The units or objects in this research are lemonilo consumers who are domiciled and reside in Palembang City. This research uses nonprobability sampling with a purposive sampling technique with a multiple regression analysis hypothesis testing method. Respondents totaled 103 lemonilo consumers in Palembang City. From this research it is known that advertising and the Ambassador brand have a positive and significant influence on Lemonilo purchasing decisions in Palembang City.
References
Adam, M., & Annas, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Periklanan Terhadap Brand Image (Peran Digital Marketing). Technomedia Journal, 189-201.
Ali, K. (2021). Pengaruh Tayangan Televisi, Celebrity Endorsement Terhadap Citra Merek Kosmetik Maybelline. Journal of Gentiaras Management and Accounting, 13(1), 1-11.
Alim, A., & Budiarti, E. (2021). Peran Iklan Televisi Dan Celebrity Endorsement POND’S Terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1).
Amin, A., & Yanti, R. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1-14.
Brestilliani, L. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(2).
Burhanudin, R. (2017). Pengaruh Iklan Traveloka Di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen. eProceedings of Management, 4(2).
Ilaisyah, H., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3).
Kuspriyono, T. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta. Jurnal Cakrawala, 17(1).
Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal IQTISHADequity Manajemen, 113-126.
Masyita, D., & Yuliati, A. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Dian Sastrowardoyo Terhadap Brand Image Produk Makeup L’OREAL PARIS. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 3(1), 41-47.
Maulida, C., & Kamila, A. (2021). Pengaruh K-POP Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Konsumen. Kinesik, 8(2), 137-145.
Muhtadin, M., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Shampo Pantene Di Bandung. eProceedings of Management, 5(2).
Pratama, A., & Hayuningtias, K. (2022). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 425 – 436.
Putri, G., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram Terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 4(1), 33-41.
Ramadhani, A., & Masitoh, S. (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 11(3).
Sagia, A., & Situmorang, S. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(2).
Samosir, B., & Wartini, S. (2017). Pengaruh Iklan pada Keputusan Pembelian melalui sikap konsumen. Management Analysis Journal, 6(3).
Setiawan, B., & Celesta, C. (2019). Pengaruh Iklan dan Endorser terhadap Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Ekonomi, Akuntansi dan Bisnis, 1(1), 1–15.
Siahaan, M., & Basrah, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Konten Iklan Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(2).
Sterie, W., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Julianto Julianto, Christabel Michelle, Pipen Wahyudi, Rheci Dwi Sahputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.