Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha UMK di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.47134/jmsd.v1i2.86Keywords:
Ekonomi Digital, Strategi, Modal, Jam Kerja, Lama Usaha, PendapatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media ekonomi digital, strategi, modal, jam kerja, dan lama usaha terhadap pendapatan pelaku usaha UMK di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, penyebaran kuesioner melalui google form dan sumber-sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan SPSS 25 sebagai alat analisis. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh bahwa variabel ekonomi digital, strategi, modal, jam kerja, dan lama usaha berpengaruh signifikan terhadap pendapatan.
References
Alifiana, D., Susyanti, J., & Dianawati, E. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Usaha pada Pelaku Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19 (Sub Sektor Fashion-Kuliner Malang Raya). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 10(4).
Artini, N. R. (201 C.E.). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM di Kabupaten Tabanan. Ganec Swara, 13(1), 71–77.
Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan umkm di kabupaten purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313.
Hidayanti, R. P., & Saharsini, A. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KABUPATEN SUKOHARJO. Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.35145/kurs.v8i1.2900
Indonesia, M. (2021). Ratusan UMKM di Kota Tasikmalaya Gabung Komunitas UMKM Binaan Airlangga. Media Indonesia.
Nursyamsu, N., Irfan, I., Mangge, I. R., & Zainuddin, Moh. A. (2020). Pengaruh Modal Kerja dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Kabonena. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 90–105. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i1.25.90-105
Open Data Kota Tasikmalaya. (2021a). DATA IUMK KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2020. .
Open Data Kota Tasikmalaya. (2021b). Kondisi Ekonomi Kota Tasikmalaya Tahun 2020.
Prastyaningtyas, E. W. (2019). Dampak ekonomi digital bagi perekonomian indonesia.
Purnomo, S. D., & Adhitya, B. (2021). Pengaruh ekonomi digital terhadap pendapatan industri mikro dan Kecil di Indonesia the effect of the digital economy on industrial income micro and small in Indonesia. Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(1), 85–95.
Purwanto, N. (2019). VARIABEL DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Teknodik, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Ramadani, D. F., & Syariati, A. (2020). Ekonomi Digital dan Persaingan Usaha sebagai Pendorong Pendapatan UMKM di Kota Makassar. ICOR: Journal of Regional Economics, 1(1).
Riswanto, A., Ningsih, S. R., & Daryati, D. (2017). PENGENDALIAN INTERN DAN PEMBERIAN KREDIT USAHA: ANALISIS PERANAN DAN EFEKTIFITAS SISTEM. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(3). https://doi.org/10.17509/jrak.v4i3.4670
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis (6th ed.). Salemba Empat.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. PROCEEDINGS, 1(1).
Sidik, S. S., & Ilmiah, D. (2022). PENGARUH MODAL, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PAJANGAN BANTUL. MARGIN ECO, 5(2), 34–49. https://doi.org/10.32764/margin.v5i2.2411
Supandi, A., & Johan, R. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan Cilandak. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 9(1), 15--24.
Syikin, N., Mane, A., & Jafar, S. (2020). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kuliner di Kecamatan Rappocini Kota Makassar (6; 5).
Tanjung, A., Rini, I., & Lubis, S. (2021). Pengaruh Modal Kerja dan Strategi Pemasaran. Jurnal Mirai Manajemen, 6(2), 202–213.
Yanti, P. M., Meidy, R., & Julica, L. A. (2022). PENGARUH IMPLEMENTASI EKONOMI DIGITAL TERHADAP PENDAPATAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus UMKM Kuliner di Kota Lubuklinggau). Jurnal Interprof Volume, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Regian Syaeful Hilal, Dyah Titis Kusuma Wardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.