Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk MS Glow di Yogyakarta

Authors

  • Ni’matul Salsabila Susilo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Siti Dyah Handayani Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jerp.v1i1.124

Keywords:

Celebrity Endorser, Brand Image, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser, brand image, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen produk MS Glow di Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna produk MS Glow yang berdomisili di Yogyakarta yang pernah melakukan pembelian minimal 6 bulan terakhir dan pernah melihat iklan MS Glow yang diiklankan oleh Nagita Slavina. Penelitian ini menggunakan 150 sampel yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling melalui metode purposive sampling dengan kriteria minimal 17 tahun. Teknik analisis yang dipakai adalah metode analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser, brand image, dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Produk MS Glow di Yogyakarta.

 

This study aims to analyze the effect of celebrity endorsers, brand image, and word of mouth on consumer purchasing decisions for MS Glow products in Yogyakarta. The subjects in this study were MS Glow product users who are domiciled in Yogyakarta who have made purchases for at least the last 6 months and have seen MS Glow advertisements advertised by Nagita Slavina. This study used 150 samples selected using a non-probability sampling technique through a purposive sampling method with a minimum age of 17 years. The analysis technique used is the Multiple Linear Regression analysis method using SPSS software. The results showed that celebrity endorsers, brand image, and word of mouth had a positive and significant effect on consumer purchasing decisions for MS Glow products in Yogyakarta.

References

Amin, A. M., & Natalia, Y. (2017). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Pada Mahasiswa-Mahasiswi STEI Pelita Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Astuti, R., & Hasbi, M. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan World of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Seluler Pada Situasi Covid-19 Di Kota Medan. Journal Ekonomika: Journal of Economics, Management, and Business, 127–135.

Anjum, B., Dhanda, S. K., & Nagra, S. (2012). Impact of celebrity endorsed advertisements on consumers. Asia Pacific Journal of Marketing & Management Review, 1(2), 22-33.

Bramantya, Y. B., & Jatra, M. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX Di Kota Denpasar. *Jurnal Manajemen Udayana, 5(3).

Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2012). What Drives Consumers to Spread Electronic Word of Mouth in Online Consumer-Opinion Platforms. Decision Support Systems, 53, 218-225.

Damayanti, R., Husen, Z., & Zildjian. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Dengan Electronic Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Skincare Elmina. Journal Mitra Manajemen.

Fauzana, S. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sampol Sunsilk. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 1–14.

Febriyanti, R. S., & Wahyulati, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Ghozali, I. (2018). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dari Partial Least Square (PLS) (Edisi 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goyatte, S. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Service Context. Canadian Journal of Administrative Sciences.

Hasan, A. (2010). World of Mouth Marketing. Jakarta: Medpress.

Ismail, A. R., & Spinelli, G. (2012). Effects of Brand Level, Personality and Image on Word of Mouth: The Case of Fashion Brands among Young Consumers. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 16, 386-398.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kusuma, T. T., Tambel, A. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian di Sang Pisang Manado. Journal EMBA.

Liu, Y. A., & Wang, F. (2006). A Study on the Influencing Factors of Employee Turnover Intention. Enterprise Economy, 6, 42-44.

Mahendrayasa, A. C., et al. (2014). Pengaruh World Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Journal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 1-7.

Muhani & Sabillah, H. S. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, World Of Mouth, Kualitas Website, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen.

Nuraini, A., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(2).

Rangkuti, F. (2010). Spiritual Leadership in Business. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sukma, K. A. D. S. K, Nurcahya, I. K., Suliyani, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore. *Jurnal Manajemen Udayana, 5(7).

Sumardy, et al. (2011). The Power of World-of-Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wulandari, N. M. R., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Cleaar Shampoo Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Udayana, 4(11).

Zahro, F. F., Basuki, R. S., Niaga, A., & Malang, P. N. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Gaya Hidup Terhadap Minat Pembelian pada Sosial Media Instagram. 169–172.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Susilo, N. S., & Handayani, S. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk MS Glow di Yogyakarta. Journal of Ecotourism and Rural Planning, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/jerp.v1i1.124

Issue

Section

Articles