Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Authors

  • Kiki Kurnia Sari Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Jaryanto Jaryanto Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Binti Muchsini Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.467

Keywords:

Persepsi Siswa, Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa akuntansi dan keuangan lembaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri di Surakarta. Sampel yang diambil dari populasi untuk digunakan dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang digunakan pada variabel persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dan variabel motivasi belajar siswa. Keabsahan instrumen kuesioner penelitian dilakukan melalui uji validitas isi dan validitas konstruk dengan menggunakan rumus correlation product moment. Uji reliabilitas instrumen kuesioner penelitian menggunakan pengujian internal consistency dengan teknik rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa akuntansi dan keuangan lembaga. Hal tersebut ditunjukkan dari perolehan nilai signifikasi uji t sebesar 0.000 (Sig < 0,05).

References

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Arisman, Getteng, A. R., & Nuryamin, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mtsn 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), 418–443. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6544 DOI: https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6544

Aryanto, H., Azizah, M. D., Nuraini, V. A., & Sagita, L. (2021). Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1430–1440. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.231 DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.231

Bastari, E. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Tahun 2018/2019.

Boiliu, E. R. (2022). Aplikasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura Terhadap PAK Masa Kini. Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 133. https://doi.org/10.25278/jitpk.v3i2.649 DOI: https://doi.org/10.25278/jitpk.v3i2.649

Daha, Z. A.-H., & Imran, M. (2020). Teachers’ persona reflects in students’ personality: A case study of primary school level in the Sahiwal District, Pakistan. Journal of Language and Cultural Education, 8(1), 64–94. https://doi.org/10.2478/jolace-2020-0005 DOI: https://doi.org/10.2478/jolace-2020-0005

Dyah, M. M. M., Mustakim, M., & Ismail, I. (2022). The Correlation between Teachers’ Personality and Students’ Motivation in Learning English. MAJESTY JOURNAL, 4(2), 20–30.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973 DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Harahap, Z. N., Azmi, N., Wariono, W., & Nasution, F. (2023). Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 9258–9269. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1732 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1732

Hawa, S. (2022). Peran Guru Sebagai Role Model Menurut Konsep Albert Bandura Dalam Menerapkan Kurikulum 2013. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(1), 135–151. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i1.203 DOI: https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i1.203

Hidayat, M. T. (2021). Understanding Students’ Perspectives on Teachers’ Personality. International Journal of English and Applied Linguistics (IJEAL), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.47709/ijeal.v1i1.965 DOI: https://doi.org/10.47709/ijeal.v1i1.965

Ikhtiarini, R. U., Utomo, S. W., & Sulistyowati, N. W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Akuntansi Dasar. Tangible Journal, 6(1), 102–110. https://doi.org/10.47221/tangible.v6i1.138 DOI: https://doi.org/10.47221/tangible.v6i1.138

Kholisoh, M. N., & Bharati, D. A. L. (2021). Teachers’ questioning strategies and students’ perceptions toward critical questions in EFL classroom interaction. ELT Forum: Journal of English Language Teaching, 10(2), 136–145. https://doi.org/10.15294/elt.v10i2.43302 DOI: https://doi.org/10.15294/elt.v10i2.43302

Lascuna, B. M., & Luzano, R. A. (2023). Teachers’ Personality Traits and Pupils’ Learning Motivation. International Journal of Research Publications, 124(1), 49–62. https://doi.org/10.47119/ijrp1001241520234811 DOI: https://doi.org/10.47119/IJRP1001241520234811

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67 DOI: https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). Pola interaksi guru dan orang tua dalam mengendalikan emosional siswa selama pembelajaran daring di MTS Islamiyah Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44–55. DOI: https://doi.org/10.47971/tjpi.v3i1.226

Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademia: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145–161. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Mandhyan, prerna. (2024). Emotional Stability among Trainee Teachers in India: A Study of Seemanchal Districts of Bihar. International Journal of Multidisciplinary Research in Arts, Science and Technology, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.61778/ijmrast.v2i1.35 DOI: https://doi.org/10.61778/ijmrast.v2i1.35

Marisa, S. (2019). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran siswa meningkatkan permasalahan belajar. Jurnal Taushiah, 9(2), 20–27. https://jurnal.uisu.ac.id/Index.Php/Tsh/Article/View/1786

Maryam, E. W. (2018). Buku Ajar Psikologi Sosial Jilid I. UMSIDA Press. DOI: https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-29-4

Matapere, N. M., & Nugroho, P. I. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA, 4(1), 257–270.

Metanfanuan, T. (2023). Pengaruh Self Efficacy Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Kota Sorong. J-MACE Jurnal Penelitian, 3(2), 102–117.

Naibaho, S. W., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Mts Negeri 1 Tapanuli Tengah Disaat Pandemi Covid-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304–312. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2596 DOI: https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2596

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru sebagai Teladan dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.349 DOI: https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.349

Novelti, N. (2021). Implikasi Aliran Psikologi Kognitif dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Nugraha, F. F. (2022). Students’ Perceptions About Teachers’ Competence Through Student Learning Motivation and its Implications on Learning Outcomes of Economic Subjects. Return : Study of Management, Economic and Bussines, 1(01), 19–23. https://doi.org/10.57096/return.v1i01.9 DOI: https://doi.org/10.57096/return.v1i01.9

Puspitasari, I. A., Nuraisyiah, N., Azis, M., Tikollah, M. R., & Sahade, S. (2024). The Effect of Teacher Personality Competence on Accounting Learning Motivation in XII IIS Class Students of SMA Negeri 2 Barru. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 1453–1458. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.4506 DOI: https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.4506

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i1.1129 DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860

Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., & Aryuni, M. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Syafe’i, I., & Maryani, L. S. (2020). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Bahasa Arab Dengan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Arabic Learning and Teaching (Terakreditasi Sinta 4), 9(2), 81–88. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa

Zulvadri, I., & Safitri, E. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 6 Merangin. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.190 DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i1.190

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Sari, K. K., Jaryanto, J., & Muchsini, B. (2024). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga . Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Perencanaan Kebijakan, 2(1), 14. https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.467

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.